PENGERTIAN SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Pengertian sejarah secara etimologi yaitu dari bahasa arab “syajara” yang berarti “terjadi”,
atau “syajarah” berarti “pohon” atau “syajarah al nasab”
yang berarti pohon silsilah. Dari bahasa latin dan Yunani sejarah beasal dari kata historia, yang berarti orang pandai.
Menurut Zuhairini kata sejarah dari bahasa Arab disebut tarikh, secara etimologi berarti ketentuan masa dan perhitungan tahun.
Yang dimaksud ilmu tarikh adalah suatu pengetahuan yang gunanya untuk
mengetahui keadaan-keadaan atau kejadian-kejadian yang telah lampau
maupun yang sedang terjadi dikalangan umat.
Variabel sejarah ada 3 yaitu peristiwa atau fakta, tersimpan, terjadi dimasa lampau dan adanya efek dimasa sekarang.
Definisi sejarah pendidikan islam adalah kata pendidikan. Pendidikan
dalam arti luas adalah bimbingan yang dilakukan oleh seseorang terhadap
dirinya sendiri, seseorang terhadap orang lain atau oleh lingkungan
terhadap seseorang. Pendidikan dalam arti sempit adalah bimbingan yang
dilakukan seseorang yang kemudian disebut pendidik, terhadap orang lain
yang kemudian disebut peseta didik.
Sejarah pendidikan islam adalah proses pewarisan dan pengembangan budaya
umat manusia dibawah sinar bimbingan ajaran islam, yaitu yang bersumber
dan berpedomankan ajaran islam.
OBJEK DAN METODE MEMPELAJARI SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
1. Objek Sejarah Pendidikan Islam
Objek sejarah pendidkan islam adalah fakta tentang tujuan pendidikan,
materi pendidikan, metode pendidikan, pendidik, peserta didik, media
pendidikan, evaluasi, lembaga pendidikan dan lingkungan pendidikan sejak
proses pendidikan yang diselengggarakan oleh nabi Muhammad Saw.
2. Metode Mempelajari Sejarah Pendidikan Islam
Metode mempelajari sejarah pendidikan islam ada 2 yaitu metode deskriptif, komparatif, analisis sintesis.
Metode deskriptif dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang
keadaan-keadaan nyata yang ditujukan untuk menggambarkan sifat suatu
keadaan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu dan hanya
mengukur apa adanya.
Tujuan metode deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau
lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta ,
sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.
Metode komparatif untuk mengidentifikasi atau membedakan fakta yang
satu dengan fakta yang lain, berusaha mengidentifikasi hubungan sebab
akibat, dan membedakannya antara fakta yang satu dengan fakta yang lain
dan kemudian berusaha mengobservasi pengaruh atau akibatnya terhadap
atau beberapa fakta selanjutnya.
Metode analisis berarti cara untuk mengidentifikasi, memisahkan dan
membedakan komponen-komponen atau elemen-elemen suatu fakta, konsep,
pendapat, asumsi, hipotesa, atau kesimpulan, dan memeriksa setiap
komponen tersebut untuk melihat ada tidaknya kontradiksi.
KEGUNAAN SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Sejarah pendidikan islam memiliki kegunaan sebagai faktor keteladanan.
Dengan mempelajari sejarah pendidikan islam , umat islam dapat
meneladani proses pendidikan semenjak zaman kerasulan Muhammad Saw,
zaman Khulafaur Rasyidin, zaman ulama-ulama besar dan para pemuka
pendidikan islam.
Kegunaan studi sejarah pendidikan islam itu adlah untuk :
1. Mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam sejak zaman lahirnya sampai masa sekarang
2. Mengambil manfaat dari proses pendidikan islam, guna memecahkan prblematika pendidikan islam pada masa kini
3. Memilki sikap positif terhadap perubahan-perubahan dan pembaharuan-pemabaharuan sistem pendidikan islam
PERIODISASI SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Periodisasi pendidikan islam dibagi menjadi 5 periode, yaitu:
1. Periode pembinaan pendidikan islam, yang berlangsung pada zaman nabi Muhammad Saw
2. Periode pertumbuhan pendidikan islam, yang berlangsung sejak nabi
Muhammad Saw wafat sampai akhir bani Umayyah, yang diwarnai dengan
berkembangnya ilmu-ilmu haliyah
3. Periode kejayaan pendidikan islam, yang berlangsung sejak permulaan
daulah Abbasiyah sampai dengan jatuhnya Baghdad, yang diwarnai oleh
berkembangnya ilmu aqliyah dan timbulnya madrasah, serta memuncaknya
perkembangan kebudayaan islam.
4. Periode kemunduran pendidikan islam, yaitu sejak jatuhnya Baghdad
sampai jatuhnya Mesir ketangan Napoleon, yang ditandai dengan runtuhnya
sendi kebudayaan islam dan berpindah pusat pengembangan kebudayaan ke
dunia barat
5. Periode pembaharuan pendidikan islam, yang berlangsung sejak penduduk
Mesir oleh Napoleon sampai masa kini, yang ditandai dengan gejala
kebangkitan kembali umat dan kebudayaan islam.
Apabila periodisasi sejarah pendidikan islam di Indonesia didasarkan
pada periodisasi sejarah islam di Indonesia, maka dapat dirumuskan
sebagai berikut:
1. Pendidikan islam di Indonesia pada awalnya masuknya islam ke Indonesia
2. Pendidikan islam di Indonesia pada masa pengembangan islam di Indonesia
3. Pendidikan islam di Indonesia pada masa berdirinya kerajaan-kerajaan islam
4. Pendidikan islam di Indonesia pada masa penjajahan Portugis, Belanda dan Jepang
5. Pendidikan islam di Indonesia pada masa kemerdekaan
6. Pendidikan islam di Indonesia pada masa pengembangan
7. Pendidikan islam di Indonesia pada masa reformasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar